Kamis, 09 Januari 2014

Jenis-Jenis Pekerjaan


 Jenis-jenis pekerjaan
Ada beragam jenis pekerjaan. Dari sifatnya formal hingga informal. Coba amati dengan cermat dan teliti orang-orang disekitarmu. Tentu mereka memiliki pekerjaan yang beraneka ragam. Pekerjaan dapat dikelompokkan menjadi dua jenis.
1.      Pekerjaan yang mengahsilkan barang
2.      Pekerjaan yang menghasilkan jasa
Penjelasan
1.      Pekerjaan yang menghasilkan barang
Pekerjaan jenis ini menghasilkan barang. Pekerjaan di bidang ini, mengelola bahan mentah menjadi barang. Barang yang dihasilkan bisa barang berupa barang setengah jadi atau barang jadi. Barang jadi adalah barang yang siap digunakan. Barang setengah jadi adalah barang yang belum jadi atau perlu penyelesaian lebih lanjut.
Berikut ini beberapa contoh yang menghasilkan barang:
a.       Petani
Description: images.jpgPetani yaitu orang yang bekerja dalam bidang pertanian. Pertanian disini artinya pekerjaan mengolah lahan seperti ladang atau sawah. Petani termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang seperti padi, sayur, dan buah-buahan.
Perlu juga kalian ketahui Indonesia adalah negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian bertani dan bercocok tanam. Lahan pertanian dapat berupa persawahan, perladangan dan perkebunan. Bertani di sawah banyak dilakukan oleh penduduk, penduduk yang tinggal di daerah banyak air, sedangkan perkebunan dilakukan oleh penduduk di daerah dataran tinggi. Pertanian terdiri dari 2 jenis yaitu pertanian rakyat dan pertanian perkebunan.
1.      Pertanian rakyat
Yaitu usaha pertanian yang jenis tanamannya biasanya menghasilkan bahan makanan pokok, misalnya : padi, jagung, ketela pohon, dan sagu. Lahan pertanian rakyat berupa ladang, tegalan, dan sawah. Cara mengolah lahan pertanian pada umumnya masih tradisional. Oleh karena itu, terkadang hasil pertanian ini kurang memuaskan. Bahkan, hasilnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga petani.


2.      Pertanian perkebunan
Biasanya menghasilkan jenis tanaman berupa tanaman perdagangan, misalnya : teh, cengkeh, kopi, kelapa sawit, tembakau, lada, kina, dan kapas. Tanaman – tanaman ini termasuk barang yang dapat di ekspor.
Selain petani tanaman, ada pula petani garam. Petani garam mengolah lahan sekitar pantai. Petani tersebut membuat kolam-kolam penampung air laut. Dari air laut inilah petani mendapatkan dan memproduksi garam.
b.      Peternak
Description: peternak-telur-1.jpgPeternak bekerja membudidayakan hewan ternak. Tujuannya untuk mendapatkan manfaat dari hewan ternak. Hewan yang diternakkan, misalnya : jenis ikan, unggas, sapi, kerbau, kambing, dan kuda. Hewan ternak tersebut ada yang menghasilkan susu, daging, dan telur. Adapula yang dimanfaatkan bulu dan kulitnya. Peternak mengembangbiakkan hewan, misalnya : ayam. Dari ayam tersebut, peternak dapat memperoleh daging, dan telur, sama seperti petani, peternak pun menghasilkan barang mentah. Barang-barang yang dihasilkan hewan ternak merupakan barang mentah, sebab sebagian perlu diolah. Peternakan dapat digolongkan menjadi 3 yaitu :
1.      Peternakan hewan besar, contoh : sapi, kuda, dan kerbau
2.      Peternakan hewan kecil, contoh : kambing, biri-biri, dan kelinci
3.      Peternakan unggas, contoh : itik, ayam, dan burung puyuh
c.       Pengrajin
Description: pengrajin-mebel.jpg
Pengrajin bekerja membuat benda kerajinan. Pengrajin mengolah barang mentah, menjadi barang setengah jadi. Pengrajin memerlukan keahlian khusus. Adapula yang langsung mengolah menjadi barang jadi. Pengrajin ada 2, yaitu :
1.      Pengrajin yang menghasilkan barang keperluan contohnya pengrajin kursi, keramik, besi tempa, batik, dan sebagainya.
2.      Pengrajin uang menghasilkan makanan contohnya pengrajin keripik, pengrajin tahu tempe, pengrajin manisan, dan sebagainya.
d.      Description: penjahit-perempatan-pingit1.jpgPenjahit
Penjahit adalah orang yang bekerja menjahit kain. Penjahit bekerja mengolah bahan setengah jadi, menjadi barang jadi. Misalnya menjahitkan kain menjadi pakaian jadi. Pekerjaan sebagai seorang penjahit memerlukan keahlian khusus. Terutama keahlian dibidang model pakaian dan cara menjahit.
e.       Petani Ikan
Description: nelayan-1.jpgPetani ikan yaitu orang yang bekerja membudidayakan ikan. Budidaya perikanan ada dua jenis, yaitu perikanan darat dan perikanan laut.
            Perikanan darat adalah usaha perikanan yang dilakukan di daratan seperti waduk, kolam dan sawah. Perikanan laut adalah usaha perikanan yang dilakakan di laut yaitu penangkapan ikan di laut. Penangkap ikan di laut disebut nelayan. Petani ikan dan nelayan merupakan pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang tersebut berupa ikan untuk memenuhi kebutuhan pangan.
            Di Indonesia, pekerjaan petani ikan dan nelayan banyak di tekuni oleh masyarakat. Hal itu didukung dengan keadaan alam Indonesia yang banyak danau, rawa, dan laut.




f.       Description: 201201290951591.jpgNelayan
Nelayan bakerja mencari ikan di laut. Mereka memperoleh penghasilan dengan menjual hasil tangkapannya. Pekerjaan nelayan banyak dilakukan penduduk tepi pantai. Nelayan setiap hari ke laut mencari ikan.
            Contoh tabel pekerjaan yang menghasilkan barang : 
no
Pekerjaan
Hasil
1
Petani
Beras, jagung, sayuran, buah-buahan
2
Peternak
Telur, ayam, bebek, kambing, sapi
3
Tukang kayu
Meja, kursi, lemari
4
Nelayan
Ikan, udang, cumi
5
Penjahit
Baju, celana, jaket

2. Pekerjaan yang Menghasilkan Layanan
Pekerjaan yang menghasilkan jasa didasarkan pada pendidikan dan keterampilan tertentu yang dimiliki oleh seseorang. Di zaman yang serba modern, orang cenderung ingin mendapatkan pelayanan yang cepat dan mudah.
Contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa:
a.    Guru
Description: guru-profesional.jpgGuru adalah orang yang mengajarkan ilmu. Guru termasuk pekerjaan dibidang jasa. Yaitu jasa layanan dibidang pendidikan. Guru memberikan bimbingan dan pengajaran. Guru pekerjaan yang mulia. Ilmu pengetahuan yang dimiliki menjadi bekal yang bermanfaat bagi siswa pada masa yang akan datang. Guru tersebut ada yang bergerak dalam pengajaran formal. Misalnya disekolah atau perguruan tinggi. Untuk itu diperlukan pendidikan khusus. Misalnya pendidikan tinggi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Ada pula yang bergerak dibidang informal. Dibidang ini ada yang memerlukan pendidikan tinggi. Misalnya instruktur komputer, guru khusus bahasa asing, dan sebagainya. Ada pula yang hanya mengandalkan keahlian dan bakat. Misalnya guru melukis, guru menyanyi, guru memasak dan sebagainya.
b.      Dokter dan Tenaga Medis
Description: pict.-untuk-reaksi-seorang-dokter.jpg
Dokter dalah orang yang bekerja menyembuhkan pasien. Dokter memberikan pelayanan dibidang kesehatan. Dokter melayani kesehatan masyarakat. Untuk menjadi dokter, diperlukan pendidikan khusus, yaitu pendidikan dokter di perguruan tinggi. Demikian seorang calon dokter memiliki keahlian khusus. Termasuk tenaga medis, selain dokter yaitu bidan, perawat dan apoteker. Merka bekerja di rumah sakit, klinik, pantai atau  rumah bersalin.
c.       Description: yk-pasar-ngasem1.jpgPedagang
Berdagang adalah kegiatan jual beli barang dagangan untuk memperoleh keuntungan. Orang yang berdagang disebut pedagang. Barang tersebut bisa berupa apa saja. Ad yang menjual barang kebutuhan sehari-hari. Ada pula yang menjual barang mewah. Kegiatan berdagang bisa dilakukan dimana saja. Bisa dilakukan dengan berkeliling. Bisa pula menetap di suatu tempat. Misalnya di toko atau di pasar.
d.      Description: 220px-Architect.pngArsitek
Arsitek adalah orangyang merancang bangunan, denah kebun, atau kompleks perumahan. Orang yang akan membangun rumah memerlukan jasa arsitek. Tukang bangunan akan dipermudah dengan adanya rancangan arsitek.
Perencanaan bangunan atau denah rumah sangat diperlikan. Denah dapat memberikan gambaran ruang-ruang yang hendak dibangun.tata letak bamgunan dapat dengan mudah diketahui melalui denah.
e.       Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0195384.wmfAhli Komputer
Saat ini ahli komputer banyak dibutuhkan karena komputer memudahkan pekerjaan dan menghemat      waktu. Ahli komputer dapat bekerja sebagai mekanik atau juga bekerja dibidang usaha yang berhubungan dengan komputer.


f.       Montir
Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0240695.wmf
Montir adalah orang yang pekerjaannya berhubungan dengan mesin, seperti memperbaiki mesin sepeda motor dan mobil. Tempat kerja mobil adalah di bengkel.

           

g.      Apoteker
Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0240719.wmf
                  Apoteker adalah orang yang memimpin dan bertanggung jawab untuk mengelola sebuah apotek.setiap apoteker harus memiliki pengetahuan tantang obat-obatan. Apotek tidak dapat dipimpin oleh orang yang tidak memahami tentang obat. Mengapa demikian ?  hal ini tentu saja karena obat memerlukan ketepatan dalam jenis dan takarannya.
h.      Sopir
Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0212957.wmf
Pekerjaan sopir yang mengemudikan kendaraan roda empat. Sopir ada yang mengemudikan mobil pribadi maupun umum. Contohnya sopir truk dan sopir bus.  Sopir mengantar penumpangnya ke tempat tujuan penumpang tesebut. Sopir dapat memberikan pelayanan antar dan keamanan bagi penumpang. Sopir tidak boleh menjalankan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Dengan begitu, penumpang akan merasa puas dengan jasa yang diberikan sopir.
i.        Buruh Angkut
Buruh bekerja dengan menjual jasanya pada orang lain. Sebagai imbalan atas jasanya, ia mendapatkan upah atau gaji. Misalnya buruh angkut bekerja melayani jasa pengangkutan. Buruh menjual jasa pemindahan dan pengangkutan barang.
Baik yang dilakukan secara manual, misalnya diangkut sendiri. Ada pula yang menggunakan alat. Misalnya dengan menggunakan kendaraan. Pekerjaan ini dapat dijumpai di mana saja. Terutama di pasar kegiatan umum. Misalnya di pasar, terminal, pelabuhan, dan stasiun. Buruh angkut merupakan pekerjaan yang didasarkan atas kekuatan fisik. Dengan kata lain lebih membutuhkan tenaga yang besar.
j.        Pemangkas Rambut
Pemangkas rambut yaitu pekerjaan memotong rambut. Jasa yang diberikan pemangkas rambur yaitu memotong dan merapikan rambut. Hasilnya rambut kita akan rapi.
Contoh tabel pekerjaan yang menghasilkan layanan jasa:
No
Pekerjaan
Hasil
1
Guru
Mengajarkan ilmu
2
Dokter
Mengobati pasien
3
Polisi
Menjaga keamanan
4
Tentara
Menjaga keamanan
5
Pegawai kantor
Mengerjakan tugas kantor
6
Pelawak
Menghibur
7
Wartawan
Mencari berita
8
Pramugari
Melayani penumpang di pesawat terbang
9
Pilot
Menerbangkan pesawat terbang
10
pramuniaga
Melayani pembeli

13 komentar:

  1. This live22 online is a really live22 download apk good read for me, live22 ios download Must admit that live22 download link you are one of the best bloggers I ever saw.Thanks for posting this informative live22 game article.

    BalasHapus
  2. Nice idea, i am gonna try
    rollex casino download for android the same for my web site. thanks.

    BalasHapus
  3. BISA DEPOSIT VIA PULSA XL

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan master agen mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Zeusbola.

    Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man guna beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    zeusbola livechat

    Ayo daftar sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  4. Nice service there live22 are just few who are providing this service great job.

    BalasHapus
  5. Easiest to action online slot games upon mobile phones. take effect for real money. You can con anywhere similar to ease. There are more than 50 slot machines to choose from, such as fishing games, slot games, betting games, including conscious casino. Special offers, lots of promotions, and lots of the biggest gains from us. Joker 123 is right to use 24 hours. Slot machines are simple to play. real money. No cheating. Or Joker Gaming is unorthodox great application. However, if anyone has played, they may why not find out more bewilderment why the app looks similar. Don't be surprised. Because it's an application from the same developer but if no one has played before, you can start playing

    BalasHapus
  6. Artikel yang bermanfaat, kunjungi juga blog kami seputar sawit di Semangkablog - Perkebunan Kelapa Sawit

    BalasHapus